RRI Gandeng IHLC Luncurkan Program H-POP “Halal Goes to Busan” Dorong UMKM Go Global

Jakarta, HarianBerita.ID – Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (RRI) bekerja sama dengan Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC) resmi meluncurkan program “RRI Fest presents H-POP: Halal Goes to Busan”.
Program ini berupa roadshow berskala nasional bertujuan mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) halal Indonesia untuk berekspansi ke pasar global, dengan puncak acara berupa showcase produk halal Indonesia di Busan, Korea Selatan.
Kolaborasi RRI–IHLC ini berfokus pada upaya mendukung pertumbuhan UMKM halal sebagai bagian dari komitmen RRI yang telah mendeklarasikan diri sebagai “radio UMKM”.
RRI dan IHLC menandatangani MoU kerja sama pelaksanaan program “H-POP: Halal Goes to Busan” untuk mendukung pengembangan UMKM halal Indonesia.
Program H-POP (Halal Goes to Busan) akan dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian RRI Fest 2025 dalam rangka perayaan HUT ke-80 RRI.
Roadshow ini dijadwalkan berlangsung di lima kota besar Indonesia – Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Denpasar – pada awal September 2025.
Melalui kegiatan ini, RRI bersama IHLC berupaya memberikan panggung bagi UMKM halal untuk unjuk gigi dan meraih kesempatan menembus pasar internasional, sejalan dengan visi Indonesia sebagai pusat produsen halal dunia.
Direktur Layanan dan Pengembangan Umum RRI, Yonas Markus Tuhuleruw, menjelaskan bahwa kolaborasi dengan IHLC difokuskan untuk mendukung pertumbuhan UMKM halal Tanah Air.
“Salah satu stakeholder yang kami gandeng untuk mendorong pertumbuhan UMKM adalah IHLC. Program H-POP ini sejalan dengan komitmen RRI sebagai radio yang peduli pemberdayaan UMKM,” dalam keterangannya, Kamis (31/06/2025).
Senada dengan itu, Chairman IHLC Sapta Nirwandar mengapresiasi inisiatif RRI yang turut memajukan produk-produk halal lokal. Ia menegaskan pentingnya membantu UMKM merambah pasar ekspor.
“UMKM di Indonesia itu tidak hanya punya pasar di dalam negeri, tapi juga berpeluang di pasar internasional. Salah satu caranya adalah memperkenalkan mereka di Busan,” ungkap Sapta.
Pihaknya berharap program kerja sama RRI–IHLC ini dapat menjadi stimulus agar produk halal Indonesia kian dikenal di mancanegara sekaligus mendorong kemajuan ekonomi nasional.
Sebagai langkah awal sosialisasi, RRI akan menayangkan segmen khusus mengenai program H-POP pada Rabu, 6 Agustus 2025 di kanal RRI.
Masyarakat luas, khususnya komunitas UMKM halal, diundang untuk menyimak siaran tersebut.
Dalam program radio itu nantinya akan dijelaskan lebih detail mengenai mekanisme dan jadwal roadshow, serta bagaimana UMKM dapat berpartisipasi dalam H-POP 2025.
RRI dan IHLC berharap partisipasi aktif dari para pelaku usaha, komunitas, maupun pemangku kepentingan terkait untuk bersama-sama menyukseskan program inovatif ini.
Informasi lebih lanjut seputar pendaftaran dan agenda kegiatan H-POP dapat diakses melalui laman resmi RRI dan IHLC, serta media sosial terkait.
Begitu pipa dengan pengumuman dan perkembangan terbaru juga akan dibagikan secara rutin melalui kanal informasi tersebut.
Kolaborasi lintas sektor ini menunjukkan komitmen bersama dalam mendorong UMKM halal naik kelas. RRI dan IHLC optimistis H-POP: Halal Goes to Busan akan menjadi momentum penting bagi UMKM halal Indonesia untuk berbicara di pentas global.
Inisiatif ini diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak pihak dalam mendukung ekosistem halal dan pemberdayaan UMKM Indonesia ke depannya.